Kamis, 26 November 2009

EKSPEDISI MERUGI

Cuaca buruk yang terus melanda Kalimantan Selatan, berimbas terhadap meruginya perusahaan ekpedisi, yang menyalurkan barang dari pulau Jawa maupun Kalimantan Selatan.

Kerugian ini juga menimpa Lintas Jawa Group pimpinan Saut Nathan. Peringatan Badan Meteorologi Dan Geofisika kepada pengguna transportasi laut maupun udara untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca yang selalu berubah cepat, membuat usaha ekspedisi Lintas Jawa, harus mengurangi beban muatan hingga 15 persen dari seharusnya, untuk mengantisipasi gelombang tinggi.

Walaupun pelayaran dari Jakarta dan Surabaya ke Banjarmasin masih belum terpengaruh banyak oleh tingginya gelombang di Laut Jawa, ekspedisi Lintas Jawa tetap melakukan kebijakan pengurangan muatan, khususnya untuk jenis mobil truk besar, guna mencegah resiko lebih tinggi akibat besarnya gelombang.

Akibat pengurangan muatan inilah, perusahaan ekspedisi harus menaikkan biaya kirim dari yang seharusnya, sehingga cukup merugikan dalam situasi sekarang ini.

Akibat cuaca buruk ini, juga sempat menghantam kapal motor Marina Nusantara, angkutan barang yang seharusnya diangkut ekspedisi, terpaksa tertahan dan menumpuk di dermaga untuk sementara waktu, baik di Surabaya maupun Banjarmasin.

Perusahaan pun merasa tertolong, setelah kapal dari Semarang, mampu membantu sebagian pengangkutan barang untuk dikirim ke tempat tujuan.

Maghfur, Rizali, Banjar TV

Tidak ada komentar :

Posting Komentar