Rabu, 25 November 2009

PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR

Masih minimnya pendanaan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah membuat badan ini hanya bisa melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan penyuluhan terhadap bencana banjir yang mengancam masyarakat Kalimantan Selatan.

Akhir bulan ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalimantan Selatan, direncanakan mulai bergerak untuk melakukan berbagai penyuluhan serta sosialisasi dalam rangka pencegahan dan kesiap siagaan terhadap daerah rawan bencana banjir.

Menurut data yang dikumpulkan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, terdapat dua daerah rawan bencana banjir di Kalimantan Selatan. Yakni Kabupaten Tanah Bumbu dan Tanah Laut, yang diapit oleh Gunung Meratus dan Laut Jawa, serta terus mengalami kebanjiran cukup besar di tiap tahunnya.

Sedangkan terkait penyedian penampungan bagi korban banjir, BPBD masih belum memiliki pendanaan cukup besar untuk melaksanakan bantuan tersebut sehingga masih berkoordinasi dengan Dinas Sosial setempat untuk penanggulangan ini.

Sementara itu mengingat badan ini baru lahir, dan belum memiliki cabangnya di semua daerah, BPBD untuk sementara ini masih berkoordinasi dengan Kesbangpolinmas, Dinas Sosial, Basarnas dan beberapa badan yang mampu mendeteksi dan memprediksi datangnya bencana.

BPBD pun berencana akan membentuk cabang badannya di beberapa daerah yang rawan bencana.

Maghfur, Rizali, Banjar TV

Tidak ada komentar :

Posting Komentar