Kamis, 26 November 2009

MENHUT GALAKKAN RESTORASI HUTAN



Rusaknya hutan Indonesia yang mencapai 120 juta hektar, memerlukan restorasi baik bagi hutan lindung maupun yang sedang mengalami kritis. Zulkifli Hasan, Menteri Kehutanan Republik Indonesia pun menghimbau kepada seluruh unsur masyarakat, untuk melakukan restorasi secara bersama-sama.

Terbatasnya anggaran di Departemen Kehutanan, tidak memungkinkan mereka untuk melakukan restorasi terhadap seluruh hutan yang sedang mengalami kerusakan. Oleh karena itu menteri kehutanan, Zulkifli Hasan, mengajak seluruh unsur masyarakat untuk bersama-sama menanam pohon, dengan menggalakkan program satu orang satu pohon, one man one tree bahkan bila memungkinkan hingga tiga sampai sepuluh orang per orangnya.

Himbauan ini, ia sampaikan dalam acara penanaman pohon, bersama menteri kehutanan dan menteri lingkungan hidup, di lapangan kamboja, siang tadi.

Rencananya, restorasi juga akan dilakukan untuk memperkuat kph, kesatuan pengelolaan hutan disetiap provinsi, agar koordinasi dengan gubernur maupun bupati, bisa lebih cepat dilakukan.

Ia menegaskan , tidak akan ada lagi istilah tebang pasti tanam Insya Allah nantinya, karena wilayah konservasi tidak lagi diperbolehkan untuk dilakukan penebangan, maupun peminjaman.

Sementara itu untuk dana reboisasi, Departemen Kehutanan akan mengeluarkan kebijakan terbaru , agar dana yang dikeluarkan mampu sampai ke masyarakat secara efektif , tanpa harus melalui para makelar kasus yang terus berkeliaran . dari gerakan inilah , diharapkan nantinya akan ada 500 ribu hektar hutan pertahun , yang diserahkan kepada masyarakat untuk dikelola bagi kesejahteraan mereka .

Maghfur, Rizali, Banjar TV

Tidak ada komentar :

Posting Komentar